Selasa, 04 Desember 2012


DARI RELUNG HATIKU


Bahkan guru pun perlu untuk berhenti sejenak dari mengajar, meluangkan waktu untuk belajar lagi.

Ini perasaan yang kurasakan saat ini. Setelah mengajar selama kurang lebih enam tahun di berbagai macam sekolah, aku menemukan kegiatan ini hampir kehilangan gregetnya lagi. Bukan karena aku tak suka mengajar, sama sekali bukan itu. Aku yakin di dasar hatiku yang paling dalam, tak ada pekerjaan yang paling ku inginkan di muka bumi ini selain menjadi pengajar.

Terlampau memandang profesi ini sebagai pekerjaan yang mempunyai tanggung jawab yang besar dan berat membuat aku sering memaksa dan mendorong diriku melewati batas yang seharusnya. Sehingga, ketika menemukan kenyataan di lapangan sebagai pengajar yang tak mampu menjawab, memenuhi rasa ingin tahu dari para murid. Perasaan jadi tertekan.

Jujur, tak sekali dua aku merasa hendak menenggelamkan diriku ke dasar sungai yang dalam, ketika melihat ketidak puasan di mata murid-muridku. 

Sebagai obyek yang berhak mendapat pencerahan, mereka harus diberikan dan mendapatkan yang terbaik. Dan sudah menjadi tugas guru untuk mengupayakan semua itu.

Karena terlalu keras dengan diri sendiri, membuat hampir kehilangan orientasi.
I need a break...

Menata ulang tujuan yang hendak dicapai berkaitan dengan para murid. Meluangkan waktu untuk menimba ilmu lagi.

Ternyata.... 

Aku bahagia dengan keputusan ini. Merasa menemukan lagi semangat yang telah menguap entah kemana itu. 

Baru menyadari, sebagai guru yang paling ku butuhkan untuk saat ini adalah kembali menjadi murid. Lagi.

Alhamdulillah ya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar